Minggu, 19 Agustus 2018

Tips Trip Ke Nusa Penida

di Sanur pas mau siap-siap mau nyebrang ke Nusa Penida

“Kita trip bareng yuk, Sebelum sama-sama menikah, Bali aja gimana?”ajakku pada Dwi. Namun karena aku saat itu masih ribet ngerjain Hijab Hunt trip itu tiba-tiba aja terlupakan.

Bagi Dwi sepertinya tidak, dia uda menabung buat trip itu, aku tyda sengaja membaca statusnya di whatsaap, dia akan pergi ke Nusa Penida. “Bagaimana kalau ke Malang aja, renacananya agustus ini aku mau cuti ke Malang,”ajakku pada Dwi.

“Tau gak, trip ini tuh Karena kita ga jadi pergi,”jawab dia, dan seketika aku bilang okay aku akan ikut trip ke Nusa Penida.

Sebelum berangkat, kita sudah menyiapkan penginapan, transport selama disana bahkan udah pesan kamar di Nusa Penida agar sampai sana kita enggak usah mutar-mutar cari penginapan, nah kebetulan teman kantorku merekomendasikan Jasmine Inn, lokasinya enggak jauh dari pelabuhan.Toya Pakeh Nama pemiliknya Pak Ari, Kalian bisa juga memesan lewat Travelloka, cari aja jasmin inn. Nah lewat pak Ari juga kita udah pesan tiket past boat PP, jadi benar-benar tinggal bayar aja enggak usah ribet.

Aku berangkat dari Jakarta sore, jam 14.45 tapi pesawatnya delay jadi baru berangkat jam 16.30 haha Judah kehabisan ide sih di Bandara, satu buku Fiersa Besari juga Sampai abis dibaca.

Sampai Bali, Aku langsung mencari Dwi oyah dia berangkat dari Bandung jadi kita memang sepakat untuk ketemu di Bandara lau menuju ke penginapan di Sanur. Kita pesan lewat airyroom di Sanur Gang Nuri satu 7B. Lokasi ke pantai sanur 700 meteran jadi bisa jalan kaki. Kamarnya cukup besar, ada Ac ,air panas, bentuknya kayak pavilion pokoknya rekomendasi banget, tapi yah emang agak masuk gang jadi kalau naik grab bisa turun depan gang dan jalan kaki 150 meteran lah.

Kita sampai sanur jam 9 malam, jadi emang udah tinggal tidur aja, namun berhubung lapar selesai mandi nyari tempt makan dan dapatlah dekat penginapan nasi jinggo harganya 5000an tapi enak loh.

Penyebrangan menuju Nusa Penida itu jam 07.00, kita sudah jalan ke pantai Sanur dari jam 06.00. Kita menuju konter boat  Prasi Sentana lokasi 150 meter dari warung Mak Beng,  disekitar sana banyak juga kok konter boat yang lain jadi enggak usah bingung.

Biayanya 100/125 ribuan sih Aku ga tau pasti kalau beli on the spot. Jam 07.00 kita siap-sap mau menyebrang menuju Nusa Penida, menuju boatnya itu kita akan nyebur ke air laut yang lumayan dalam, sekitar selutut, dan sendal kita biasanya di masukan ke keranjang disatuin sama penumpang lain. Aku saran sih kalian gak pake jeans biar celananya cepat kering.

Pelabuhan Toya Pakeh
Perjalanan menyebrang dari Sanur menuju Nusa Penida sekitar 45 menit, sampai disana kalian akan disambut sama travel atau pemilik kamar yang udah kalian pesan, Aku saat itu udah janjian sama pak Ari, dan beliau Sudah menjemput kami di pelabuhan Toya Pakeh. Aku Nelpon pak Ari posisi dia dimana, eh ternyata bapaknya itu menuliskan namaku pake kertas hehe. Setelah ketemu kita diantar ke guest house sama pak Ari dan istrinya.
Kalau kalian belum pesan motor dll sampái Toya Pakeh banyak kok yang nawarin jadi enggak usah takut. Dan di Nusa Penida itu enggak ada angkutan umum jadi kalian sewa mobil atau motor. kira-kira ini rincian budget yah perjalanan menuju Nusa Penida:

Penginapan Airy room d Sanur  : Rp. 160.00
Tiket Fast Boat  Pulang Pergi     : Rp.  200.00
Penginapan  di Nusa Penida Ac : Rp 500.000 (2malam)
Sewa Motor pull bensin 2 Hari   : 140.000
Grab dari Bandara ke Sanur     : Rp. 75.000

Kalau kalian mau kontak pak Ari boleh komen yah dibawah

Bersambung nanti Saku mau nulis soal destinasi di Nusa Penida, ini khusus soal akomodasi.