Selasa, 29 Oktober 2013

Pejabat Bukan Penjahat

  palembang.tribunnews.com
Suatu hari seorang teman bercerita kepada saya tentang keinginannya. Dia memaparkan jika dia ingin seklai bekerja di bank dan satu hal lagi dia bilang dia ingin membuktikan pada semua orang dia bisa menjadi seorang pejabat.

Kemudian saya bertanya, apa tujuan dia ingin menjadi pejabat. Jawabannya agar terpandang dan membuktikan pada orang-orang yang tidak dia suka bahwa dia bisa. Tidak ada keinginan atau cita-cita lain atas profesi kamu menjadi pejabat. Dia menjawab tidak.

Saya kembali berpikir jika semua orang berpikir hal yang sama tentang keinginannya menjadi pejabat apa yang akan terjadi dengan bangsa ini. Jika para pejabat itu hanya ingin memperlihatkan kekuasaan maka pantas saja bangsa ini tidak pernah maju. Jabatan menjadi pejabat publik adalah sebuah kesombongan yang ingin diperlihatkan pada semua orang apa untungnya.

Para pejabat tersebut akan tersenyum melihat kamera ketika tertangkap tangan oleh KPK,seolah-olah mereka bukan penjahat. Padahal milyaran uang telah mereka curi, uang yang sejatinya dalah milik rakyat dan harus dikembalikan berupa pembangunan.

Adakah yang salah dengan para pejabat itu? Mungkikah cita-citanya menjadi pejabat dulu adalah menjadi penjahat yang terlihat baik. Para penjahat yang menyamar menjadi pejabat itu sungguh munafik, dia telah terang-terangan melanggar sumpahnya.

Mungkinkah para pejabat publik yang saat ini duduk di kursi strategis tersebut memiliki pemikiran yang sama? Pantas saja korupsi merajalela. Pejabat seperti tidak punya kode etik. Menumpuk kekayaan hanya untuk diri sendiri bahkan membuat dinasti.

Kenapa  cita-cita menjadi pejabat itu bukan untuk menjadi pelayan publik. Memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, untuk negeri dan bangsanya. Menjadi pejabat publik tidak menjadi orang yang gila hormat. Menjadi pejabat publik adalah kerendahan hati dan menyadari bahwa dia digaji oleh rakyatnya sehingga dia harus melayani rakyat dengan sepenuh hati.



Cerita Juli 2022

 Dear Juli Selalu yah Juli ini punya cerita yang luar biasa untukku, aku selalu dibuat banyak belajar dibulan Juli ini.  Juli ini adalah bul...