Kamis, 15 Februari 2018

Cara Bayar Denda Pajak Penghasilan



Setelah posting soal ngurusin denda pajak penghasilan  kemarin dan bikin voter di instagram akhirnya aku akan nulis soal bagaimana kalau kita kena denda pajak. Kenapa kita bisa kena denda? Kalau pengalaman aku karena aku enggak laporan pajak tahunan, tepatnya tahun kemarin karena waktu itu lupa passwordnya terus efinnya juga lupa, dan seenaknya aja yaudahlah gak apa-apa kena denda juga. Intinya sih aku males ribet hehehe. Nah itu aku lupa aja, terus disuratin sama dirjen pajak kerumah disuruh bayar denda yang jumlahnya 100 ribu.

Jadi aku kena denda bukan karena gak bayar pajak yah, pajak udah dipotong langsung dari kantor. Nah sebentar lagi akan ada musim pelaporan SPT. So, kalian jangan lupa untuk melaporkan SPT, kalau bingung melalui online bisa datang langsung ke kantor pajak dan minta bantuan petugasnya, khusus untuk musim pelaporan SPT mereka membuka loket khusus pelaporan SPT loh.

Oke, lanjut setelah aku dapat surat denda, aku datang ke kantor pajak terdekat, tujuannya untuk bayar langsung aja dendanya, tapi ternyata enggak begitu. Jadi kita datang kesana itu hanya bisa mencetak billingnya, jadi untuk bayarnya itu kita harus punya nomor billing. Hmm bilang aja mau cetak billing denda pajak, nanti smaa petugas akan dibantu, dikasih nomor antrian dan tunggu deh sampai nomor antriannya dipanggil.

Setelah dipanggil kita kasih aja surat denda pajaknya, dan petugas pajak akan mencetakan kode billing kita. Aku sih sambil nanya, bagaimana kalau kita enggak bayar dendanya? Katanya kita akan terus-terusan diberikan surat sama dirjen pajak, surat pemanggilan dan surat peringatan, terus petugasnya nanya,”emang mbak gak akan diberesin yah? Enggak sih, Cuma nanya aja hehehe. Aku sih sekalian minta kode Efin, karena lupa password akun pajak onlinenya, berhubung sebentar lagi pasti laporan pajak.

Setelah dapat billingnya, kita bisa langsung membayar tagihan ke Bank, kantor pos ataupun melalui ATM, ga ribet sih sebenernya kalo kita males antri di bank dan ATM bisa juga melalui Mbanking. Simpan tanda buktinya, lalu kita kembali lagi ke kantor pajak untuk minta dihapuskan denda pajak kita, catatannya ini harus ke kantor pajak kita membuat NPWP enggak bisa kantor pajak mana aja, missal nih kamu bikin npwp di Bandung ya harus di Bandung. Semoga membantu yah sharingnya.

Cerita Juli 2022

 Dear Juli Selalu yah Juli ini punya cerita yang luar biasa untukku, aku selalu dibuat banyak belajar dibulan Juli ini.  Juli ini adalah bul...