Selasa, 17 Juli 2012

Young Leadership


Apa yang kamu pikirkan tentang seorang pemimpin? Apakah kamu punya pemimpin impian seperti apakah itu? Kualifikasi seseorang disebut pemimpin yaitu jika hadirnya pengikut, jika tidak ada pengikut maka dia adalah seorang pejabat yang diikuti namun tidak memakai hati. Lalu siapakah folower itu? Ialah mereka yang percaya pada ide si pemimpin tersebut. Seorang pemimpin tidak hanya seorang ketua, karena mencari ledership position itu sangatlah mudah, namun pemimpin bukan hanya posisi, namun sikap serta perilaku yang mencerminkan kepemimpinan. Kemudian seorang pemimpin itu harus berkarakter, Karakter akan tumbh saat digembleng dan saat seseorang tersebut menghadapi masalah, menurut Anies baswedan saat saya mengikuti seminar di Graha Pos, masalah itu harus dihadapi, jangan pernah lari dari masalah. Lalu apakah masalah itu? Masalah adalah selisih harapan dengan kenyataan, mungkin bagi sebagian orang masalah itu sesuatu yang sangat menakutkan, tapi tahukah kalian bahwa masalah itu sesuatu yang indah. Tidak semua harapan itu bisa terwujud, karena tuhan selalu punya cara, jika semua harapan begitu mudahnya terwujud begitu rendahnya harapan kalian. Seseorang akan menjadi begitu kuat menghadapi hidup ini saat dalam hidupnya menghadapi berbagai masalah dan mnyelesaikannya, dan kehidupan yang dia hadapi tidak mudah. Anies pun bercerita tentang seesorang di Australia, dia selalu menjadi pemimpin, ketika berperang dia menjadi pemimpin, dimanapun berada dia selalu jadi pemimpin, dia merunut apa yang menyebabkannya menjadi seorang pemipin, ternyta dulu ketika dia akan masuk sekolah dia pernah salah masuk, dia masuk kekelas 3 ikut sama tetangganya yang jadi teman sepermainannya, selama satu semester dia melewati kesulitan itu dan dia melewatinya sendiri karena dia berasal dari keluarga broken home. Dari cerita tersebut kita bisa belajar bahwa karakter itu bisa tumbuh dari kesulitan, sebagai anak muda kita tidak boleh menyerah pada kesulitan.
Lalu apa kabar uliah kita? Selama 4 tahun kita mengotakan hal tersebut, saat kuliah kita mengalami fase belajar, berrfikir, analitis dan sistematis, bukankah itu terlalu dikotakan, sehingga kita tidak dapat mengetahui dunia luar yang sesungguhnya, sebuah kehidupan yang nyata yang harus kita lalui. Untuk itu semua maka sejak kuliah tidak ada salahnya kita mengikuti organisasi, karena disana lah dipupuk keberanian dan kepemimpinan.
Lalu, kita tidak boleh khawatir dengan apa kata orang, biarlah mereka bicara apapun, karena yang akan menjalani kehidupan ini kita, coba sekali-kali anda bicara didepan cermin dan lihat orang yang bicara tersebut kemudian ikutilah dia.
Jika ada yang bertanya pada kita, apa yang membuat Indonesia ini kaya? Pasti jawabannya adalah, Sumberdaya Alam yang tersedia, tanah yang subur, minyak, laut, dll namun ada yang dilupakan sebenarnya yang membuat kita kayak adalah Sumber Daya Manusia yang tersedia. Jika Sumberdaya Manusia tersebut didik dan dilatih dengan baik, negeri ini pasti akan kayak, tidak ada lagi kemiskinan dan penganngguran, coba tengok negeri Sakura, mereka tidak mempunyai Alam yang kayak, namun manusia-manusianya kaya sehingga negara Jepang maju dengan pesat. Apakh yang menyebabkan manusia Indonesia tersebut tidak dimanfaatkan menjadi aset yang baik, maka jawabannya adalah karena manusia Indonesia tidak mendapatkan pendidikan yang layak dan itu semua dikarenakan oleh guru. Guru tersebut tidak mendapatkan kesejahteraan, amsih ingat diingatan kita ketika guru-guru tersebut orasi dijakarta menuntut kesejahteraan, dan selain itu guru di Indonesia rata-rata mengajar seumur Hidup, padahal mengajar itu tidak harus seumur hidup, namun mendidik seumur hidup itu sangat perlu.
Rencanakan Masa Depan
Sebagai seorang anak muda yang merencanakan kehidupan, pekerjaan apa yang pas buat kita? Ada 3 hal yaitu Intelektual yang terus tumbuh, Finansial yang cukup dan sosial. Kemudian cobalah membuat CV untuk 0 tahun kedepan, tuliskan nama disana dan alamat (rencana tinggal dimana) setelah itu deskripsikan tentang diri sendiri cukup 1 paragraf. Kemudian raihlah mimpi-mimpi anda. Jadilah Pemuda yang tidak terus mengutuk kegelapan, namun nyalakanlah lilin supaya tidak ada lagi kegelapan.

Kegelisahan Karena Belum Menikah

Akhirnya memasuki usia dimana   sudah ditanyakan “Kapan akan menikah?” atau kamu calonnya mana? Jangan kerja terus ...