Jumat, 19 Juli 2013

Calon Atlet Bulu Tangkis dari Cibingbin

Selalu ada cerita ketika kita berada didaerah orang lain.  Hampir hari terakhir Kuliah Praktek Bermasyarakat (KPB) kalau di kampus lain dikenal dengan istilah KKN. Saya kebagian kelompok di Desa Cibingbin. Setelah menyelesaikan program kerja saya beristirahat sebentar dan duduk di teras SD Cibingbin 3. Saat itulah saya bertemu dengan anak kelas 6 SD. Namanya Tiara. Saya memperhatikannya saat dia bermain bulu tangkis dengan teman saya. Awalnya biasa saja, saya memperhatikan dia layaknya anak-anak yang lainnya. Namun ketika dia duduk menghampiri saya dan memperkenalkan diri, dia anak yang menarik.

Dia bertanya apa hobbyku? Aku jawab saja banyak, aku hobbi baca buku, nonton, jalan-jalan, menulis. Dan dengan lucunya dia bilang, ”Kakak hobbi itu jangan banyak-banyak satu aja,”aku tersenyum dan balik nanya sama dia. “Lalu hobbi kamu apa?”

“Bulu Tangkis, aku ingin jadi Atlet,”

Aku tersenyum dan merasa bangga, bagiku impian anak-anak itu impian murni yang tidak dipaksakan oleh siapapun.

“Kamu ingin masuk timnas?”

“Pengen kakak, tapi aku mainnya belum jago. Aku sering kalah jika pertandingan antar kecamatan,” dia bercerita dengan semangatnya.

“Kakak Yakin kamu bisa masuk timnas jika kamu terus berlatih dan tidak menyerah, kamu anak hebat,”

“Tapi kak, disini ada yang lebih jago, dia maennya hebat banget. Anak-anak disini memang hebat main bulu tangkisnya,”dia sedikit pesimis.

Lalu aku bercerita bagaimana Thomas Alfa Edison mengalami  ribuan kegagalan percobaan hingga akhirnya dia berhasil menciptakan bola lampu. Dengan pernah gagal kita akan terus bangkit dan mengevaluasi diri apa yang kurang, apa yang harus diperbaiki sehingga tidak ada lagi kesalahan. Jika hanya dengan sekali usaha kita gagal terus menyerah kita tidak menemui keberhasilan itu.Jika sekali usaha lalu berhasil, apakah kita akan terus berhasil? Atau kita malah terlena hingga kita akhirnya mengalami kegagalan.

Tiara mendengarkan ceritaku. Dia menyimak dengan cukup baik, kemudian dia berkata”iya kak, aku janji akan terus berlatih. O ya bulan puasa nantipun aku tetap berlatih loh. Kadang capek sama lemas tapi aku ingin terus melatih kemampuanku,”

Saya pun belajar dari Tiara. Anak sekecil itupun masih semangat dan tidak peduli dengan kondisi lemas saat berpuasa. Kadang kita orang dewasa banyak alasan, banyak mengeluh ini itu jika harus menyelesaikan sesuatu. Sibuklah, capeklah padahal ada impian,impian yang menggantung dan harus dikejar tanpa lelah, tanpa menyerah pada kegagalan.

Sampai Jumpa Tiara. Seperti yang pernah saya bilang sama kamu, suatu hari nanti saya ingin melihat kamu masuk timnas dan kamu memegang medali, membanggakan republik ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dengan mengirim komentar kita telah berbagi

Sudah ga berasa yah sekarang sudah bulan Desember lagi, yah sudah memasuki musim hujan, dan ornamen taun baru serta natal dimana-mana. Ah De...